Pencarian

Kamis, 26 Januari 2012

Modifikasi gerak cursor pada touchpad

Jika kita menggerakkan cursor pada touchpad di laptop terkadang susah sekali di gerakkan seperti ada yang menghalangi, macet ataupun hal-hal lain. Apalagi jika kita ingin meng-edit gambar pasti menggunakan cursor sebagai penunjuk. Oleh karena itu kebanyakan orang lebih memilih menggunakan mouse sebagai peripheral tambahan untuk laptop. Tetapi setelah saya mengetahui trik ini, saya lebih senang menggunakan touchpad dari pada mouse. Berikut triknya !

Masuk ke Mouse Properties. Dapat melalui Control Panel ataupun tray icon Synaptics yang berada di kanan bawah dekat jam jika ada. Kemudian pilih Device Setting kemudian pilih Setting.
setting synaptics
Setelah ada tampilan yang muncul kita akan mengaktifkan beberapa fitur yang tidak digunakan alias masih ter-disable. fitur-fitur ini yang berikutnya akan membuat pergerakan cursor semakin enak, lembut, dan terlihat enteng seperti Mouse.
  • Pertama kita akan mengaktifkan Momentum yang berguna untuk memberikan momentum saat setelah cursor digerakkan. lihat Videonya untuk memperjelas.
    momentum pointer
  • Kita juga dapat memperunik pergerakan dengan mengaktifkan fitur pantulan jika mengenai atau membentur sisi layar akibat dari gerakan momentum cursor.
    synaptics
  • Satu lagi adalah Sticky Border. Penggunaan fitur ini adalah cursor tidak akan keluar pada jendela yang aktif. Tetapi jika cursor tersebut dalam gerakan momentum. Contohnya pada jendela aktif yang di minimize, jika kita gerakkan cursor di dalam jendela lalu kita lepaskan sebelum melewati batas jendela, cursor akan tertahan di batas jendela tersebut.
    pointer
  • Selanjutnya kita dapat mengaktifkan fitur Constrained Motion. Ini berguna untuk mengkonsenrasikan pergerakan. Contohnya jika cursor sedang bergerak secara horizontal maka tidak dapat digerakkan secara vertikal sampai berhenti dari gerakan horizontal. begitu sebaliknya. Ini dapat mempermudah kita utuk meng-edit gambar atau semacamnya yang membutuhkan  crop gambar.
    synaptics
  • Dalam penggunaan diatas kita harus menggerakkan cursor sambil menekan tombol hotkey-nya. gambar diatas anda dapat memilih dengan menekan tombol apa anda untuk menggunakannya. Jadi jika anda tidak menekan tombol, maka pergerakan berjalan secara normal. Disini saya memilih tombol Left Shit Key.
  • Jika anda ingin memperlabat pergerakkan anda juga dapat mengaktifkan Slow Motion. Ini juga akan berjalan jika sambil menekan tombol hotkey-nya seperti Constrained Motion.

    touchpad

2 komentar:

Anonim mengatakan...

:37

Anonim mengatakan...

bermanfaat (y)

Pasang emoticon dibawah ini dengan mencantumkan kode di samping kanan gambar.

:10 :11 :12 :13 :14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21 :22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29 :30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37 :38 :39

Posting Komentar