Pencarian

Sabtu, 12 Juni 2010

VMware workstation 6

Pernahkah anda mendengar bagaimana menggunakan jaringan di dalam satu PC ????? Biasanya jika kita membuat suatu jaringan, haruslah kita mempunyai jumlah PC yang lebih dari satu, membutuhkan sebuah LAN Card atau lebih, membutuhkan kabel sebagai penghubung ataupun sebagainya.Karena semua itu dapat diciptakan secara virtual oleh VMware. Sehingga penghematan dalam biaya dapat dilakukan.

Operating system (OS) yang bekerja dalam VMware dapat digunakan sebagaimana kita menggunakan OS itu dengan semestinya. Setiap aksinya seperti PC yang STAND ALONE atau berdiri sendiri. Software VMWare Workstation digunakan untuk membuat sistem operasi virtual dan hanya bisa diinstall pada sistem operasi windows NT, windows XP, windows 2000 family, windows 2003 dan Linux.
Untuk tulisan ini penulis menggunakan Windows XP Professional yang selanjutnya disebut sebagai komputer Host yang menjalankan software VMWare Workstation sedangkan sebagai system operasi yang berjalan pada software VMWare Workstation digunakan Redhat Linux yang selanjutnya disebut sebagai computer Guest.  VMware workstation 6 merupakan software aplikasi yang dapat mengelmusikan (OS) instalasi VMware workstationagar dapat berjalan tanpa mengganggu OS host yang sudah terinstal sebelumnya. Aplikasi ini dapat membuat PC berjalan dengan lebih dari satu OS yang berjalan bersamaan antara PC Host dengan PC guest. Dengan demikian kita dapat kita dapat menggunakan 2 atau lebih OS secara bersamaan dan tidak mengguanakan system dual booting.
Tetepi pendatang tetaplah pendatang. Ungkapan ini mungkin cocok untuk OS yang di instal sebagai guest. Karena setiap OS yang diinstal pada VMware, dapat dihapus seperti menghapus file biasa oleh OS Host. Kita cukup datang pada directory tujuan tempat OS guest itu di instal dan menghapusnya seperti menghapus file seperti biasa.

Berikut ini adalah keuntungan-keuntungan utama menggunakan VMware:
  • Dapat menjalankan berbagai sistem operasi dalam berbagai virtual machine dalam saat yang bersamaan dalam satu komputer. Sistem operasi yang mampu diemulasikan dengan sangat baik mencakup hampir semua sistern operasi populer, seperti Windows, Limrx, Netware, Solaris x86, dan lain sebagainya. VMware bahkan mampu memberikan optimasi tertentu untuk sistem-sistem operasi yang didukung. Ketika dijalankan, VMware mampu mendukung jaringan untuk setiap virtual machine-nya sehingga kita bisa membangun jaringan virtual.
  • Dapat digunakan untuk mengembangkan dan menguji software. Penulis merasakan betul manfait VMware ketika harus menguji aplikasi desktop yang multiplatform.
  • Dapat membantu meningkatkan produktifitas apabila digunakan dengan tepat.
  • Dapat membagi virtual machine yang telah dibuat ke pihak lain. Sekali satu virtual machine dibuat, maka rrm tersebut tidak tergantung pada satu komputer tertentu dan dapat di-sftarek epada pihak lain.
Hardware yang dielmusikan
Berikut ini adalah hardware-hardware yang diemulasikan dan kemampuan seda keterbatasannya.:
  • CPU: VMware sangat hebat dengan mengemulasikan processor yang sama dengan processor host. Untuk CPU 64 bit, VMware masih mengenalinya sebagai CPU 32 bit. Untuk komputer SMP (Symmetric multi processor), VMware tetap mengenali sebagai satu CPU per virtual machine.
  • Chipseh VMware mengemulasikan motherboard dengan basis chipset Intel 440 BX.
  • BIOS: VMware mengemulasikan PhoenixBIOS 4.0 Release 6 dengan VESA BIOS.
  • RAM: VMware mampu mengenali MM sampai 3.6 GB, dengan catatan maksimal 4 GB untuk keseluruhan virtual machine.

    Graphic: Dukungan untuk VGA dannSVGA sampai resolusi tinggi.
  • IDB Drive: mendukung sampai empat IDE dengan kombinasi harddisk, CDROM, DVDROM (bisa membaca data, namun tidak untuk DVD video). Untuk harddisk, kita bisa menggunakan harddisk virtual ataupun harddisk fisikal. Total ukuran harddisk virtual adalah sampai 950 GB. Untuk CDROM, kita bisa mempergunakan CDROM fisikal ataupun image ISO cdrom.
  • SCSI: mendukung sampai tujuh device. Total ukuran harddisk virtual adalah sampai 950 GB. Sama seperti IDE, kita juga bisa menggunakan hard&sk virtud ataupun harddisk fisikal. IJntuk SCSI, VMware juga mendukung SCSI generic. Untuk controller, VMware mendukung LSI Logic LSI53C10:o
  • Floppy: mendukung dua 1.44 MB floppy. Untuk floppy, bisa menggunakan floppy fisikal ataupun image floppy.
  • Serial port: mendukung sampai empat port serial. Output dapat diarahkan ke port serial, file windows atau Linux, serta named pipe (fifo).
  • Parallel port: mendukung sampai dua port paralel. Output dapat diarahkan ke port paralel ataupun file pada host.
  • USB port: mendukung dua port USB 1.1 UHCI. Mendukung berbagai device seperti USB printer, scanner, PDA, harddisk, memory card reader, digital camera, webcam, speaker, dan microphone.
  • Keyboard: keyboard windows dengan 104 tombol
  • Mouse ilan Drauring TaElet: Mendukung mouse PS/2, dan tablet serial.
  • Ethernet: Mendukung sampai tiga kartu ethemet, Ethemet cardyang diemulasikan adalah AMD PCNet PCI I
  • Sound: mendukung input dan output. Mengemulasikan sound card Creative Sound Blaster AudioPCI
  • Virtual Networking: mendukung protokol seperti TCP/IP, NeIBEUI, Microsoft Network, SAMBA, Nosoftvell Netware, dan NFS.
Kebutuhan komputer host
Untuk mampu menjalankan vmware dengan baik, komputer host setidaknya harus memiliki spesifilasi berikut :
  • fusitektur komputer x86.
  • CPU dengan kecepatan 400 MHz (direkomendasikan 500 MHz). Processor Intel yang didukung, di antaranya Celeron, Pentium II, Pentium III, Pentium IV, Pentium M (termasuk Centrino mobile technology), Xeon (termasuk prestonia). Prosesor AMD yang didukung, di antaranya Athlon, Athlon MP, Athlon XP, Duron dan Opteron. Dukungan untuk AMD Sempron masih eksperimenta-I. Vmware juga mendukung sistem dengan symmetric multiprocessor. CPU 64 bit didukung, termasuk AMD64 Opteron, Athlon 64 dan Intel IA-32e (termasuk Nocona).
  • Memory minimal 128 MB (direkomendasikan 256 MB).
  • Display 16 bit ataupun 32 bit. I(husus untuk X server di Linux, X server yang digunakan harus memenuhi spesifikasi X11R6 seperti Xfree86.
  • Datang dengan disk drive apabila akses disk fisikal ingin dilakukan.
  • Dilengkapi dengan ethernet.
  • Untuk sistem operasi host, VMware mendukung cukup banyak versi Windows dan distro Linux. Kita akan membahas distro yang diduJtung secara terpisah.

0 komentar:

Pasang emoticon dibawah ini dengan mencantumkan kode di samping kanan gambar.

:10 :11 :12 :13 :14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21 :22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29 :30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37 :38 :39

Posting Komentar